Tip-jitu-menangani Komplain-Toko-online-menuju-sex

Semakin makmur kehidupan menimbulkan perilaku malas konsumen dalam berbelanja memenuhi kebutuhan .

Pertumbuhan bisnis onlen trend nya terus naik tak terbantahkan.
Bagi Anda yang berbisnis onlen, kepuasan pelanggan harus menjadi tujuan.
Berikut adalah tip menyelesaikan keluhan pelanggan :

1.Sebuah brand akan mendapat repeat order dari kastemer kerena mereka beroleh solusi atas masalah yang dihadapi atau layanan diatas expektasi mereka

2. Tetapi dalam pelaksanaan di lapangan terkadang kenyataan tak sesuai harapan kastemer.

3. Komplen Kastamer terjadi karena unjuk kerja dan kinerja Kita dibawah ekspektasi pelanggan. Kenyataan mengecewakan terjadi karena kesalahan dalam implementasi dilapangan.

4. Tidak perlu takut dengan kastamer klaim, hadapi dengan  tenang tanpa khawatir berlebihan. Menghindar hanya akan memperburuk keadaan karena itu bukanlah solusi perbaikan.

5. Pahami »»» Penjualan online di dunia maya memiliki karakter sensitip terhadap ketidakpuasan. Salah penanganan akn berdampak signifikan terhadap reputasi merk/brand dimasa depan.

6. Tanamkan mindset, komplen adalah tanda cinta dan emphati kastamer kepada kita. Jika mereka tiada cinta & rasa memiliki.  Pilihannya memaki dalam hati dan pergi. Level terjeleknya pengalaman buruk mereka disampaikan  ke teman, kenalan dan handai taulan.

7.sebetulnya yang dibutuhkan adalah penanganan tepat sasaran sehingga kita bisa melokalisir impact ketidakpuasan kastamer agar tidak menjadi bola panas liar yang akn membakar seluruh prestasi dan reputasi yang telah terukir sebelumnya

8. karakter Kastamer komplen pada prinsipnya ingin didengarkan. Sebaiknya kita tidak menggunakan medsos dalam menyelesaikan problem mereka. Segera telphone agar terjadi komunikasi dua arah dan terpenting kita bisa dengarkan curhat, amarah atau keluh kesah secara live dari tangan pertama.

9. Ingat,  kastamer yang tidak puas bisa mewartakan ke 6-10 org di dunia nyata.  Di dunia maya ketidak puasan akan viral menyebar ke lebih banyak orang tak terdeteksi nominal pembaca- pendengarnya.

10. Kastamer meminta didengarkan segala keluh kesah, dan pengalaman buruknya. Jadilah pendengar yg baik hingga kita mengetahui akar masalah. Usahakan tdk memotong-menyela percakapan hingga semua keluhan terurai dan tersampaikan tuntas

11. Jangan berusaha resisten dan membela diri atas kesalahan yang telah terjadi. Usahakan segera meminta maaf sembari menawarkan solusi perbaikan yang kita ajukan.

8. Dalam bertelephone usahakan  berada dalam posisi berdiri dan terbuka untuk berdiskusi. Kastamer bisa merasakan gairah, antusiasme bahkan senyum ataupun kemarahan kita. Tetap tenang dan fokus dengan itikad baik akan membantu memudahkan menemukan solusi yang diperlukan.

9. Sediakan alat tulis dan mencatat point pentingnya. konfirmasikan kefahaman Anda atas statement yang disampaikan kastemer, agar tidak ada mispersepsi yang berakibat kita salah mengambil tindakan penyelesaian

10. Jika sudah menemukan solusi dan sepakat dengan way out yang telah didiskusukan segera follow up agar tidak membuka kecewa berikutnya

12. Beri kompliment berupa penggantian barang yang dikeluhkan, free prodak, atau bisa juga potongan discount untuk pembelian berikutnya

13. Jika Kesalahan terjadi karena Kekurangan panduan yang tertera di SOP . Segera lengkapi kekurangan agar tak terjadi pengulangan kesalahan.

14. Penanganan kastamer klaim memerlukan latihan pembelajaran dan jam terbang. Bagi yang belum pede jangan over confidence tetapi salah penanganan.

15. Pembelajaran bisa dilakukan dengan pendampingan oleh senior yang berpengalaman. Mintalah saran perbaikan dan masukan agar kekurangan bisa terus disempurnakan.
Selamat mencoba dan berlatih

Salam SOPasti!
Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama
 
Top