contoh-SOP-Perusahaan-Tepat contoh-SOP-Bisnis


Inspirasi Contoh SOP Bisnis Produksi Pengolahan Pangan

Di beberapa kesempatan berdiskusi dengan kawan-kawan melalui Media jejaring Sosial  BB Messenger maupun WhatsApp  mereka mengajukan pertanyaan seputar  format baku  Contoh SOP Perusahaan.  Alasannya mereka butuh   gambaran konkret wujud SOP Perusahaan tepat.

Beberapa beralasan telah memiliki SOP tetapi sulit dipraktikan, yang ini tujuannya adalah untuk mencari konsep alternative SOP yang lebih membumi. Bukan sekedar dimiliki tapi tak memiliki arti. Ada juga yang telah membaca banyak buku, menelaah berbagai teori  tapi belum berhasil memvisualisasikan “sosok” SOP, golongan ini membutuhkan penampakan yang bisa dijadikan pegangan.

Sebetulnya di forum-forum Workshop yang telah sukses terselenggara di  13 Kota di Indonesia, materi Contoh-Contoh SOP Perusahaan ini Saya bagikan berikut template nya kepada tiap peserta baik berupa hard copy maupun soft copy nya. Tetapi mereka yang menghubungi dan berdiskusi di forum non formal media social adalah mereka yang belum berkesempatan mengikuti kelas.

Meski sudah berulang saya sampaikan bahwa SOP itu sifatnya custom, unik dan tak mungkin di KOPASUS ( Kopi Paste Ubah Sedikit). Tapi mereka kerap menginginkan saya tetap membagikan contoh SOP Perusahaan dimaksud. 

Saya memahami  signal ini sebagai sebuah permintaan sahabat yang harus dipenuhi.  Jika tidak terpenuhi akan dapat mengubur antusiasme gairah membangun dan memiliki  sistemasi bagi  bisnis mereka yang baru mekar.

Saya sadar sedari kecil kita banyak belajar segala hal dari  meniru contoh.  Belajar berbicara dengan meniru contoh  perkataan orang tua kita. Belajar membaca dari meniru methode yang dicontohkan oleh Guru kita.

Setelah beranjak  dewasapun untuk mengusai bidang tertentu kita bisa mulai meniru dari orang-orang yang sudah pakar dibidangnya. Meniru contoh  akan menyederhanakan waktu, mereduksi salah dan mempercepat pengusaan kemampuan. Kita tak perlu berjalan mulai dari awal, sebaliknya dari contoh yang  ditiru kita  bebas menduplikasi dan memperbaiki kelemahan yang harus di eliminasi. 

Inilah alasan mengapa sebagian dari kita tak bisa memulai jika belum mendapati contoh sebagai bagian dari   inspirasi ide. Untuk memenuhi rasa keingintahuan itu berikut ini adalah bocoran Contoh SOP Perusahaan tepat-kaya manfaat. Ingat  contoh tak dapat dipergunakan langsung hanya dengan mencomot tanpa mengetahui sisi filosofis Visi-Misi-Struktur Organisasi maupun Jobdesk personal.

Berikut beberapa hal yang harus dimiliki sebuah SOP  agar dapat mencukupi sebagai panduan tepat, sebagaimana contoh SOP Perusahaan terlampir :

  1. Nama organisasi- beri logo perusahaan dan nama bisnis Anda
  2. Process Name- Judul SOP
  3. Control No – Nomer Kontrol dokumen, dibuat oleh team  yang membangun SOP
  4. Page – Halaman dokumen tuliskan dengan format seperti 1/3 hal 1 dari total 3 halaman
  5. Rev No – Revisi dokumen ke- tuliskan sesuai revisi dokumen yang telah terjadi
  6. Date – Tanggal terjadinya revisi
  7. Remarks – informasi tambahan untuk melengkapi dokumen SOP
  8. Process- Tema Proses SOP
  9. Sub Process- Tema Sub Proses SOP
  10. Validation- Pengesahan Dokumen dengan format >> Prepared-disiapkan Checked- diperiksa Approved-disetujui
  11. Date : Tanggal Pengesahan
  12. Sign : isyarat/tanda, kode dokumen untuk menandai N- New Baru rilis, R-1 untuk dokumen Revisi 1
  13. Date : Tanggal terjadinya perubahan dokumen
  14. Revision Record : catatan perbaikan, diisi info perubahan dari dokumen sebelumnya
  15. Related document : Dokumen terkait, diisikan dengan dokumen-dokumen yang memiliki keterkaitan dengan SOP tersebut
  16. Abnormal : definisi kondisi diluar standar yang telah ditetapkan
  17. Segera user melakukan tindakan sesuai panduan agar tidak terjadi kesalahan lebih fatal dalam koridor pelaksanaan SOP.

Ini adalah standar yang biasa saya buat untuk membantu pebisnis membuat sistem otomasi bagi bisnisnya. Bagaimana menurut Anda? (LSe)

 
Top