Berilah mereka lahan yang baik untuk tumbuh, Anda tinggal menyediakan pupuk dan air-Jack Welch

Pegawai adalah sumber daya strategis dalam Organisasi Bisnis. Man behind the Gun, tak ada organisasi mumpuni tanpa kehadiran Pegawai berkualifikasi. Pada era sekarang sumber daya paling berharga bukan lagi orang melainkan orang yang tepat. Untuk penempatan calon Pegawai di posisi sesuai kebutuhan diperlukan teknik tepat. Kesalahan perlakuan akan berdampak signifikan terhadap masa depan Perusahaan.

Yang kadang tak disadari oleh Perusahaan start up, selepas menjaring pegawai dalam rekruitmen, diperlukan tahapan transisi. Tak serta merta Pegawai bisa  ditempatkan mengisi formasi. Pegawai juga tak otomatis siap bekerja sesuai job deskripsi. Diperlukan sebuah landasan yang harus dipersiapkan sebagai landing media untuk berkiprah di dunia kerja sebenarnya.

Tak peduli seberapa banyak pengalaman kerja mereka sebelumnya, atau sepandai apapun nilai akademik yang dimiliki. Orientasi dan pelatihan tetaplah diperlukan karena disana terdapat panduan. Menghindar dari kesalahan, mengurangi resiko ketimpangan dengan team yang telah ada adalah alasan mengapa semua  calon karyawan memerlukan pembinaan dan pengayaan pengetahuan.

Orientasi kerja dan training adalah program yang dirancang untuk karyawan baru yang lulus seleksi dalam rangka mengenal lebih jauh pekerjaan dan perusahaan tempatnya bekerja. 

Ketika datang ke sebuah perusahaan baru, mereka  harus memahami lingkungan kerjanya, harus cepat beradaptasi dan menyesuaikan diri untuk segera berintegrasi ke dalam tim.

Training idealnya mencakup beberapa hal  sebagai berikut :
  1. Menyatukan mindset, dapat dilakukan dengan mengenalkan Profil singkat perusahaan, Visi-Misi, kebijakan dan Struktur Organisasi. Mind-set tepat akan melahirkan Sikap yang berkarakter yang dibutuhkan bagi kemajuan Perusahaan
  2. Menyatukan hati, menanamkan keyakinan dan kebersamaan sebagai team. Pahamkan berkontribusi akan menaikan reputasi. Berikan ruang untuk mengaktualisas dirii, sehingga tumbuh kesadaran apa  yang bisa mereka bagikan untuk Perusahaan bukan menunggu apa yang bisa Perusahaan berikan  kepada Mereka.  Keyakinan sempurna akan  melahirkan nilai juara, dan inilah pondasi yang terus menerus harus konsisten dipegang sampai nanti
  3. Membagikan materi kompetensi dan keahlian sesuai dengan kebutuhan dan posisi. Setiap karyawan baru direkrut sesuai formasi dan jobdeskripsi lowong yang butuh diisi. Maka bagikan pengetahuan sesuai kebutuhan praktis dilapangan , asah keterampilan disyaratkan oleh pekerjaan, Pegawai yang telah cukup amunisi dalam masa orientasi dan pelatihan akan mempu menopang akselerasi kemajuan Perusahaan. Karena kompetensi yang sesuai takaran akan melahirkan daya saing.  
Dengan adanya orientasi pegawai baru tersebut diharapkan dapat membantu pegawai bekerja dengan baik,  meningkatnya  produktivitas kerja, yang pada akhirnya akan mendukung pencapaian tujuan perusahaan. Bagaimana menurut Anda? (LSe)

 
Top