Setelah anda melakukan kajian sederhana, observasi seperlunya maka perlu dipikirkan strategi jitu untuk segera membuka gerai bisnis yg anda impikan.

Opening adalah salah satu  cara strategis mengenalkan bisnis kita pertama kali kepada khalayak sekitar gerai. Ingat di  momentum ini kita mesti mampu menyihir benak konsumen dengan konsep yang Woow.  Jika sudah dilaksanakan....kita bisa mengharapkan impact penjualan fantastic- magic.

Persiapkan detail segala sesuatunya dengan sempurna karena yang direncanakan matang akan menghasilkan efek penjualan jangka panjang. Bahkan bukan tidak  mungkin dapat meraup angka penjualan sadiz dihari pertama gerai dibuka, laris-manis.. 

Lalu bagaimana agar acara pembukaan gerai berlangsung sukses? Pantengin tips berikut yah gaes siapa tahu dapat menginspirasi bagi Anda yang  telah berniat membuat gebrakan tak cuma sekadar lewat terus terlupakan, jreng..jreng..

  1. Lakukan perencanaan cermat  beberapa waktu sebelumnya. Listing-checksheet apa saja keperluan yg harus disediakan, jangan sampai ada yang terlewatkan atau ada yang tak tersedia pada saat hari H 
  2. Buatlah Activity plan yg berisikan round down kegiatan misal berdurasi pekanan sejak H-30 berisikan Target kegiatan, penanggung jawab dan kisi-kisi tenggat waktunya. Lakukan evaluasi pekanan untuk memastikan semua berjalan sesuai skema. 
  3. Undanglah teman, keluarga, kolega tuliskan dalam checklist agar tak ada satupun yg terlewatkan. Sediakan budget khusus utk membuat undangan tertulis yang atraktif. Serahkan sepekan sebelumnya agar dapat mereka agendakan. Inilah dukungan dan asset nyata yang akan mendukung bisnis kita ke depan. Merekalah yang bisa diharapkan menjadi Advocate- mengkampanyekan dan merekomendasikan produk Kita ke khalayak.
  4. Ciptakan kegiatan yang unik berkesan dan bersifat mencuri perhatian publik. Prinsipnya makin heboh dan tak lazim akan jadi pemberitaan dikalangan konsumen. Misal besaran discount sesuai usia yg tertera di KTP  atau bisa juga konsep makan sepuasnya bayar seikhlasnya.
  5. Acara harus berkonsep terbuka, interaktif dan melibatkan pengunjung secara luas, termasuk anak-anak. Sediakan acara live music dengan kudapan gratis diiringi beraneka menu masakan untuk menyedot kehadiran pengunjung untuk berinteraksi dengan event
  6. Buat acara bertema lomba yang mengabadikan event ini dalam situs jejaring social yang dimiliki pengunjung. Twitter, Instagram ataupun facebook sangat powerful mengabarkan efek viral luar biasa. Kriteria pemenang misalnya : Upload terbaik yang di like atau di retweet terbanyak adalah pemenang 
  7. Maksimalkan tampilan gerai Anda  dengan lipstick dan make up pernak pernik yg terkesan waah meski dengan budget sederhana. Sematkan balon warna warni atau kertas menyala ditiap sudutnya. Ajak vendor dan principal produk berpartisipasi dg tool kit promo mereka. Untuk tampil wah tak perlu banyak menguras kocek membabi buta kan?
  8. Minta juga kepada Vendor dan Principal serta relasi beberapa karangan bunga yang akan mengesankan kelas dari relasi luas yang mendukung bisnis Anda. Merk dan nama yang cukup dikenal luas masyarakat akn menjadi endorse yg baik terhadap Image produk Kita.
  9. Untuk beberapa jenis bisnis tertentu seperti kuliner, buat program discount besar sehingga menciptakan Antrian yg panjang. Akan timbul kesan bahwa jenis produk yang Anda tawarkan layak dicoba 
  10. Buat juga program mencicip gratis produk yang Anda jual, kualitas dan rasa yg mereka rasakan apalagi jika berbeda dengan produk sejenis yang telah ada akan menjadi pembicaraan dan iklan dari mulut ke mulut yg dahsyaaat 
  11. Lakukan kajian dan evaluasi dari event yang telah kita selenggarakan selalu lakukan catatan perbaikan jika ditemukan kekurangan. Buat juga SOP Opening Gerai sebagai acuan dan panduan pada saat kita akan membuka gerai berikutnya . Berani mencoba resep Opening hebring ini ? (LSe)


 
Top