Briefing dan doa bersama sebelum bekerja sebagai sarana komunikasi membangun team serta menguatkan ruhani untuk produktifitas lebih baik



Bekerja berdasarkan sistem akan memandu bisnis Anda untuk on track di performa terbaik. Terus menerus mempertahankan batas kualitas teratas akan meninggalkan pesaing tanpa perlu berperang harga. 

Pagi itu 20 Mei  2015 udara Turen, 30 Kilometer selatan Malang masih berselimut dingin . Tak mengurangi semangat belasan peserta Coaching untuk mengikuti workshop bertitel Membangun Sistem Bisnis  berbasis SOP  ala Perusahaan Kelas Dunia. Mereka  antusias mengikuti acara di hall yang tersedia.

Peserta adalah Kepala Departemen dari Perusahaan yang mulai dirintis pada  tahun 2010 dan terus bertumbuh dan makin eksis seiring waktu. Beralamat di Jl. P.Sudirman 101 Turen, Kab. Malang, Provinsi Jawa Timur.

Visi Perusahaan CV Sinar makmur Turen  adalah Menjadi Perusahaan Supplier bahan bangunan terintegrasi  dengan layanan solutif perancangan dan konstruksi   terkemuka di Jawa Timur pada tahun 2018. Memiliki keunggulan: Kompeten, Inovatif, berkualitas, terjangkau dan disukai konsumen yang mengedepankan nilai spiritual di setiap kegiatannnya.

Saat ini mengalami  tahapan growth yang sebelumnya hanya menyediakan material bangunan mulai merambah ke bidang lain seperti Pekerjaan Konstruksi  Sipil beserta turunannya, Fabrikasi: Almunium, Galvalum dan Besi. Konsep pelayanan lebih lengkap ini sejak awal telah mencanangkan tagline Solusi  Bangunan Anda bagi segenap pelanggan.

Sebagaimana lazim ditemukan pada bisnis di fase ini mulailah dirasakan terjadi kesulitan. Mulai dari lemahnya koordinasi antar lini dalam team, keterlambatan mengeksekusi rencana hingga Pemimpin Perusahaan yang tidak mampu meninggalkan Pos  kasir dan keuangan dan penentu tiap keputusan. Tak hanya itu tak dimilikinya  struktur organisasi jelas dan job deskripsi yang belum pas dan tuntas menjadi pelengkap permasalahan yang tak berujung.

Outlet Store Bahan Bangunan SinarMakmur Turen Malang



Kesadaran akan pentingnya pengetahuan bagaimana cara membangun Standard Operating Prosedure sesuai kaidah yang diterapkan di Perusahaan World Class mutlak dimiliki oleh team bisnis.
Atas inisiatif  Bapak Endi Anantholy Harjo, ST sebagai Direktur dirancanglah kegiatan yang dapat melibatkan team untuk bersama-sama membangun Standar Operating Procedure (SOP) bagi keseluruhan lini bisnis.

Kenapa harus menggunakan SOP? Sebagai solusi dan jawaban atas kebuntuan yang menggangu dikarenakan SOP merupakan rangkaian aturan yang memiliki kekuatan sebagai suatu petunjuk direktif yang meliputi semua aspek. 

Di dalamnya terkandung informasi detail tentang apapun aktivitas yang dilakukan, bagaimana dilaksanakan, siapa pelaksanaannya, di mana aktivitas berlangsung, dan kapan waktu pelaksanaannya. 

Prosedur apa saja yang harus dilakukan, tugas, wewenang, dan tanggung jawab masing-masing bagian sudah dibakukan. Sehingga saat ditemukan  kesalahan sistem yang tak sesuai panduan bisa segera dilakukan tindakan perbaikan.


Adapun detail jadwal coaching yang dilangsungkan mulai 20-27 Mei 2015 adalah sebagai berikut :

Hari Ke -1
Workshop, Bimbingan Teknis tata cara membangun  SOP  

Hari Ke-2
Merumuskan Road Map kebutuhan SOP
Merumuskan Activity Plan penyelesaian SOP

Hari Ke-3
Gemba - The Real Blusukan bisnis
Verifikasi Materi SOP yg telah dirumuskan Vs Fakta lapangan
Brainstorming & Discussion

Hari Ke-4
5-S menjadikan persaingan tak lagi relevan
Gemba 5-S On site
Perumusan Step by Step aktifitas SOP dalam format Flow chart
Simulasi Konsep yg telah dirumuskan kedalam praktik

Hari Ke-5
Kaizen- Improvement di area kerja
Teknik Sosialisasi SOP
Gemba 5-S on location

Hari Ke-6
Teknis Implementasi SOP
Evaluasi & Perbaikan jika ditemukan kekurangan
Gemba 5S On Location

Hari Ke-7
Penetapan SOP
Teknis Updating SOP
Gemba & 5-S On Location

Alhamdulillah meski acara ini dilakukan disela padatnya jadwal penyelesaian beberapa projek sipil dapat berlangsung sukses. Pelayanan penjualan dan pengiriman bahan bangunan di  store pun tak terganggu.

Team Sinar Makmur Group berpose diakhir acara coaching yang telah sukses diselenggarakan selama sepekan


Sampai hari terakhir Seluruh Departemen menyelesaikan target dan tugas yang diberikan. Hal ini karena materi yang diberikan telah dirancang sesuai kebutuhan. Rumusan itu diformulasikan berformat template disarikan sesuai pengalaman Coach Lukman Setiawan dari Lse Acces sebagai fasilitator dan Nara Sumber  saat menjadi karyawan Perusahaan Multi Nasional dan Profesional consultant. Semoga apa yang telah dicapai dalam pelatihan dan coaching akan terus berkesan dan dijalankan sebagai Panduan. Terima kasih (Lse)




 
Top