Suasana Workshop SOP Goes to School di Campus SMPIT Ummu'l Qurro Depok



Dalam rangka memberikan kefahaman arti penting sistem dan standarisasi sekolah.  Yayasan  Ummu’l Qurro menggelar  workshop Inhouse SOP goes to School  pada tanggal 4 Februari 2014. Acara digelar di Kampus SMPIT Ummu’l Quro, Jl. Mandor Sanim Beji-Depok. Diikuti oleh segenap unsur thinktank penyelenggara pendidikan dan supporting  mulai dari level TKIT , SDIT dan SMPIT.

Dewan Pimpinan Harian  Yayasan Ummu’l Qurro Rahadyan Wibisono, S.Psi, Msi  berharap pelatihan ini akan meningkatkan kinerja dan standar penyelenggaraan tiap unit pendidikan.  Hasil akhirnya kefahaman peserta workshop akan  mampu mendongkrak etos dan profesionalisme kinerja. Hal yang sangat  krusial diperlukan dalam  peningkatan pelayanan sekolah agar kualitas teratas tetap terjaga.

Dengan motto “MEMBINA GENERASI QUR’ANI” Yayasan Ummu’l Quro Depok saat ini telah berhasil  mendapatkan kepercayaan masayarakat.  Parameternya adalah jumlah peserta didik  yang dikelola mencapai  800 siswa lebih .  Dari sektor standar Pendidikan Nasionalpun  SMPIT tahun lalu telah menyabet akreditasi Standar Sekolah Nasional.  Tak salah jika lembaga ini antusias melangkah dalam menggapai ridha Allah SWT melalui bidang pendidikan.

Peserta Workshop SOP Goes to School  Ummu'l Qurro Depok

Meski dari sisi pencapaian, Sekolah telah berhasil mencapai kondisi luar biasa tetapi  untuk selalu memenangkan persaingan dimasa mendatang tak cukup. Diperlukan level pelayanan Wow yang akan memberikan pengalaman sangat luar biasa diatas rata rata bagi customernya. 

Sebagai pembicara Lukman Setiawan dari  LSe Access Surabaya memberikan pemahaman akan arti penting Standar.  Sebagaimana inspirasi dari sektor Bisnis Sekolahpun harus dapat merumuskan standar yang ingin diraih bagi  internal  penyelenggara pendidikan. 

Semangat Peserta workshop SOP goes to School untuk memulai perubahan

Sekolah yang dikelola dengan management  tepat akan menghasilkan output sesuai yang diinginkan. Setia dengan proses akan menghantarkan pada pencapaian tujuan sukses. Syarat yang perlu diperhatikan adalah prosedur yang akan dibakukan dalam panduan Standar Operasional Sekolah harus berpegang pada konsep Mudah-Murah Lumrah. Mudah,  artinya dapat dilakukan siapapun tanpa kesalahan.  Murah,   dalam pelaksanaanya  prosedur yang dijalankan harus  berbiaya terjangkau budget. Lumrah,  Cepat, Tepat, sesuai prinsip efisiensi.

Dari uraian, contoh aplikatif berupa templates, checksheet, video animasi, dan berbagai tips sederhana yang disampaikan peserta antusias menyimak hingga acara berakhir.  Materi yang dibagikan berdasarkan pengalaman lapangan adalah jalan menuju level  berikut yang diiginkan. Pendidikan adalah sendi peradaban dan masadepan, jika Sekolah menemukan inspirasi pencerahan  akan lahir generasi lebih baik seperti yang diimpikan. Semoga! (LSe)

Credit Photo : Yayasan Ummu'l Qurro Depok

 
Top