Suasana-Workshop-SOP-AP-Sekretariat-DPRD-Kab-Tangerang



Pusat Pendidikan Otonomi Daerah bekerja sama dengan Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Tangerang, Banten menyelenggarakan Bimtek Penyusunan dan Perumusan SOP dalam rangka meningkatkan kinerja pelayanan Lembaga Sekretariat DPRD. Acara dihelat di ruang Tourmoline Hotel Aston Cengkareng 17-18 Februari 2014.

Seremoni diawali dengan pembukaan oleh Ir Amran Arifin, MBA selaku Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Tangerang Propinsi Banten.

Dalam kata sambutanya beliau memberi arahan beberapa permasalahan aktual yang mengemuka dan dihadapi oleh  lembaga DPRD Kabupaten Tangerang Banten :

Pertama, Reformasi yang telah dimulai saat ini melahirkan Demokrasi Luas tanpa batas tak ada jarak antara birokrat sebagai pelayan masayarakat dengan masayarakat yang dilayaninya.

Kedua, Dinamika regulasi yang cepat mengalami penyempurnaan dan perubahan menuntut  kecepatan antisipasi penyesuaian.

Ketiga, Kinerja Dewan belum dapat diukur dari sisi Kualitas aparat yang berada didalamnya

Keempat, LSM/ Wartawan yang acap meminta keterangan dan info berlebihan

Maka sebagai penutup beliau berpesan kepada seluruh peserta agar secepatnya membangun SOP Administrasi Pemerintahan karena ia berfungsi sebagai rompi anti peluru atas segala permasalahan.

Tanya-jawab-peserta-Workshop-Administrasi-Pemerintahan


Event ini diselenggarakan dalam rangka memberikan pemahaman kepada aparatur sekretariat DPRD agar mampu memahami tatacara penyusunan dan perumusan SOP, sehingga mampu melakukan fungsi pelayanan paripurna kepada Pimpinan dan Anggota DPRD.  Output akhir yang diharapkan peningkatkan pelayanan publik sebagai customer.

Dalam paparannya Lukman Setiawan dari Lse Access Surabaya membawakan materi materi terkait SOP Administrasi Pemerintahan diantaranya :

Mengapa Perlu Sistem dalam Organisasi Pemerintahan
Benefit SOP bagi Organisasi Pemerintahan
Dasar Dasar SOP bagi Organisasi Administrasi Pemerintahan
Teknik Penyusunan SOP Administrasi Pemerintahan
Tips Sukses Implementasi dan Konservasi SOP
Dinamika SOP, Update Tepat Kaya Manfaat
Hindari,  Kesalahan Fatal Praktik SOP

Peserta mengikuti dengan seksama paparan yang disampaikan dan mendapat banyak inspirasi untuk melakukan perubahan. Selama dua hari nara sumber memperkaya materi dengan mengupas SOP dari  sudut pandang pengalaman membagun dan implementasi di dunia bisnis.

Peserta-bergambar-selepas-acara-Workshop-SOP-AP-DPRD- Kab Tangerang


Suasana kelas sangat hidup, indikasinya muncul pertanyaan dan sharing sambung menyambung diantara peserta yang menunjukan antusiasme atas materi yang disajikan. Mereka tertarik memperdalam pemahaman karena banyak hadapi kesulitan permasalahan yang ditemukan di lapangan. Semoga dengan kesadaran sistem yang makin baik dikalangan Birokrat kedepan akan banyak perubahan layanan signifikan yang kita dapatkan.  Majulah Birokrasi Indonesia! (Lse)

 
Top