Cara-Tepat-Membangun-Bisnis-Ideal

Dari 100 Bisnis yang dilahirkan, 96 mati  sebelum tahun ke 5 dan sisanya  hanya 4 bisnis yang bertahan melewati tahun ke 5 (Michael  E Gerber Survey di USA)

Saat ini hanya ada 0.18% Pengusaha di Indonesia. Syarat sebuah Negara dinyatakan mandiri  secara Ekonomi jika memiliki  2 % Pengusaha yang kuat.
Minim keberanian masyarakat  mengambil pilihan hidup sebagai pengusaha. Kondisi sebagai orang gajian lebih menyenangkan dan “menjanjikan” daripada memilih bertarung di jalur  penuh ketidakpastian, jalan perjuangan.

Entah karena menjadi pengusaha adalah pilihan “terpaksa” dan terakhir, tetapi faktanya banyak kesalahan yang dilakukan.

Bisnis dikelola  hanya menggunaka otak kanan. Cara GILA dan NEKAD adalah jargon keramat.  Seyogyanya Otak kanan dominan digunakan hanya untuk menepis ketakutan.

Bisnis minus  pengelolaan  ibarat  membuka pintu penyelewengan. Niat  jahat pegawai terbit karena kurangnya evaluasi. Kebocoran, awalnya kecil tapi jika dibiarkan  tanpa pengawasan dapat tenggelamkan Bisnis Anda.

Bisnispun tak bisa dibiarkan hanya mengalir tanpa ada sistem hadir. Karena tidak semua perjalanan air  bermuara di laut

Dalam Bisnis Otak Kiri diperlukan sebagai pengendali , tetapi ingat jangan Pernah  Injak pedal akselerasi tanpa kemudi. Tanpa kontrol kemudi , maukah Bisnis kita berakhir dalam belitan hutang atau  tutup selamanya?

Tuhan menciptakan alam & isinya dalam keteraturan sempurna. Matahari terbit dari ufuk timur dan tenggelam dibarat. Dia muncul bersama terang fajar dan tenggelam  dikegelapan malam.
Tak memiliki SOP tak Berpunya Panel Control Salah berasumsi, akibatkan tak tepat bereaksi. Idealnya ada keseimbangan pertumbuhan Aset dan Sistem.

Bisnis Terkembang  yang Tak diiringi Mengembangnya SISTEM  akan penjarakan waktu Pemiliknya. Dia harus terlibat didalamnya karena awal dan akhir pekerjaan bergantung padanya.

Dalam Bisnis Trust adalah kunci akselerasi. Customer Claim  adalah signal abnormalitas produk/layanan. Maka antisipasi penanganan yang tepat akan medulang trust  customer.
Sistem tepat pemandu perbaikan“Mencari solusi mencegah terulangnya terperosok  dilubang  kesalahan yang sama
Bisnis yang ditopang pemahaman kualitas  benar, mempunyai nilai kompetitif dibandingkan pesaing , Standarisasi memperkecil peluang kegagalan.

Kenali Potensi  yang dikembangkan dengan mendeskripsikan spesifik keinginan pelanggan dalam satuan terukur. Rumuskan Important point kedalam perintah kerja yang harus dilaksanakan sesuai kriteria baku!

Bakukan formulasi proses/prosedur yang telah teruji menjadi SOP  panduan kerja . Setelah bisnis kuat, berikutnya menjadikan bisnis hebat. Duplikasi, menggandakan formulasi kesuksesan yang telah diraih ke tempat lain.  Sampai jumlah tak terhingga sesuai kebutuhan.  Bisnis adalah permainan beresiko, tetapi dengan SOP tepat akan  menjadi peluang terkendali.  Salam SOP-asti!


 
Top