Seremoni Pembukaan oleh Dekan Fak Adab & Budaya UIN SUKA Jogjakarta
Seremoni Pembukaan oleh Dekan Fak Adab & Budaya UIN SUKA Jogjakarta

Yogyakarta, 29-30 November 2013 bertempat di LPP Convention Hotel Demangan Fakultas Adab dan Ilmu Budaya menggelar kegiatan Workshop penyusunan dan review SOP. Kegiatan yang dibuka oleh Dr Hj Siti Maryam, M.Ag selaku Dekan diikuti oleh seluruh Pimpinan dan Staff Fakultas Adab dan Ilmu Budaya.

Pelatihan ini dihelat sebagai upaya memberikan pemahaman dan kesadaran pentingnya Standard Operational Prosedur dalam penyelenggaraan Akademik. Meski secara resmi Universitas telah mendapatkan ISO untuk bidang mutu beberapa tahun silam, tetapi belum memberikan kemudahan, dan hilangnya kebingungan dalam memahami SOP sebagai sebuah panduan.

Lukman Setiawan Nara Sumber Pelatihan
Lukman Setiawan Nara Sumber Pelatihan

Maka pelatihan dimaksudakan untuk mendalami, memahami dan tahu mengerti lebih spesifik implementasi SOP. Dalam pemaparanya Lukman Setiawan menuturkan pentingnya tahu hal yang harus dipersiapkan sebelum SOP dibangun.

Kebingungan, ketakfahaman bahkan frustasi dapat terjadi jika pegawai tak memiliki panduan jelas. Maka Struktur Organisasi, Jobdesk tegas-jelas dan Peraturan Perusahaan, wajib juga diperhatikan sebelum SOP mulai dikerjakan.

Antusiasme peserta mempresentasikan materi yang didiskusikan
Antusiasme peserta mempresentasikan materi yang didiskusikan

Dengan adanya SOP tugas pekerjaan pegawai diharapkan akan lebih lancar. Dikarenakan masing‐masing sudah memahami pedoman & acuannya. Banyak keluhan dan kebingungan yang biasanya kerap dialami juga akan tereduksi , demikian pula miskomunikasi akan tereliminasi.

Bagi pimpinan diharapkan ketika ada kasus penyelewengan/ penyalahgunaan wewenang, SOP ini akan mampu menjadi indikasi cepat untuk melakukan tindakan baik counseling hingga pemberian sanksi.

Peserta Pelatihan Fak Adab & Budaya UIN SUKA Jogjakarta
Peserta Pelatihan Fak Adab & Budaya UIN SUKA Jogjakarta

Tak lupa dihari kedua dipraktikan membuat kelompok Pembangun SOP dengan mengelompokan personal sesuai fungsinya. bagaimana cara membuat kelompok, simulasi brainstorming sebagai cara mendapat inspirasi. Presentasi dan share materi juga mendapat perhatian dari peserta dengan antusiasnya mereka menyampaikan hasil diskusinya sesuai kelompok.

Semoga apa yang telah dimulai menjadi awal yang baik bagi Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga dalam menjalankan system sebagai sendi penting aktivitasnya. Pendidikan adalah masa depan, perbaikanya akan menjadi modal perubahan berperadaban. (LSe)
 
Top