Jogjakarta-Istimewa, LSe Access Surabaya bekerjasama dengan OTO Production kembali menyelenggarakan perhelatan putaran ke tiga bertajuk “STOP Bisnis Modal Nekad & Cara Gila Workshop Strategi dan Rahasia Bisnis Menuju Perusahaan Ideal”.

Narasumber membeber rahasia mengelola bisnis bersistem
Narasumber membeber rahasia mengelola bisnis bersistem

Acara yang digelar dalam dua babak dimulai pada Jum’at 15 November 2013 bertempat di Hall Hotel Amaris Jl Mangkubumi  No 18  Jogjakarta berformat Seminar. Sedangkan keesokan harinya digelar Workshop Sabtu-Ahad, 16-17 November 2013 Hall Hotel Grand Palace Jl Mangkuyudan Jogjakarta.

Dalam dua acara serupa sebelumnya telah sukses menghantar peserta memahami system dengan cara sederhana namun tetap bertanaga makna.

Acara ini dihadirkan dalam rangka memberikan wawasan pengetahuan kepada peserta bahwa Bisnis tak cukup berhenti pada keberanian. Diperlukan ketrampilan  dan kemampuan managerial agar kegagalan dan kesulitan dapat dikendalikan.

Peserta workshop berinteraksi dengan narasumber Lukman Setiawan
Peserta workshop berinteraksi dengan narasumber Lukman Setiawan

Peserta dengan beragam latar belakang bisnis, memperkaya khasanah pembelajaran - dari pertanyaan yang diajukan-mereka pelatihan menjadi  berwarna.  Di sesi Seminar meski Jogja sejak sore rata diguyur hujan tak menyurutkan langkah peserta merapat ke venue ditengah Kota.

Mulai pengelola Sekolah, Konveksi, Bengkel, Salon, Show Room jual beli mobil hingga Kontraktor dan pengembang ada. Kesemua memiliki keinginan sama menggali nilai dan pengetahuan dari materi yang disharingkan.

Tanya jawab yang dibuka selepas Lukman Setiawan paparkan materi, menunjukan betapa mereka haus pengetahuan mengenai system. Apa yang ditanyakan adalah fakta dan permasalahan yang dialami. Pemandu acara Kang Yayang D Purwana, berhasil menyemarakan suasana dengan anekdot maupun contoh segar menawan.

Pada workshop hari kedua  salahsatunya mengupas sering dijumpainya SOP hanya dituliskan prosesnya secara berurutan tanpa kelengkapan gambar. Gambar yang dimaksudkan di sini bisa berupa ilustrasi, sketsa maupun foto kegiatan. 

Ramainya peserta seminar strategi dan rahasia bisnis menuju perusahaan ideal
Ramainya peserta seminar strategi dan rahasia bisnis menuju perusahaan ideal

Narasi semata berpeluang menimbulkan perbedaan persepsi. Sebaliknya, narasi bergambar akan mereduksi interpretasi. Gambar yang ditampilkan harus sebangun  dengan narasi yang mengiringinya. Ambil sudut pandang pemakai dengan pertanyaan : apakah narasi  dan gambar yang kita sajikan dapat dimengerti atau justru membingungkan?

Asahlah ketrampilan mengambil objek gambar yang tepat sesuai dengan tema . Karena memilih  gambar yang “berseberangan” dengan pesan tertulis dalam narasi akan menyulitkan. 

Pertentangan gambar dengan narasi bisa menimbulkan kekacauan persepsi. Lakukan pemastian objek yang Anda ambil telah sesuai dengan yang tertulis. Saling dukung  antara narasi dan gambar akan sempurnakan SOP Anda.

Dalam kesempatan ini dibedah SOP dari Klinik  BSMI Klaten yang sengaja dibawa oleh Direkturnya,  Rahmad Heriono, SS, MA. Dijelaskan bahwa SOP nya  mengambil model dari Rumah Sakit yang telah terlebih dahulu menyelesaikan. Tetapi diakuinya juga bahwa untuk mempraktekan sangatlah berat, sehingga meski telah ada SOP, tetaplah kebiasaan yang dipergunakan sebagai panduan dalam keseharian.

Di hari kedua sesi  tip Implementasi dan konservasi SOP dan 10 Kesalahan Praktik SOP membius peserta. Materi yang merupakan ilmu terapan ini diyakini peserta mampu memberi gambaran lengkap bagaimana SOP mesti dipraktikan. Ayo terus maju Wira Usaha Indonesia (LSe)



 
Top