26-27 Oktober 2013 dihelat acara workshop Cara Tepat Membangun Bisnis Ideal, Usaha Jalan Kita Jalan Jalan. Hotel Santhi Jalan Patih Jelantik Denpasar, menjadi venue pelatihan yang digawangi oleh Dermawan Resources- Harmonis Group Bali. Pelatihan ini diselenggarakan untuk kedua kalinya oleh pengelola Sekolah Pencetak Pengusaha Bali, tujuanya ingin menyadarkan pebisnis yang belum ketemu formulasi untuk membangun pondasi usahanya.


Peserta-workshop-Rahasia-Membangun-Bisnis-Ideal-Bali


Pebisnis yang berhasil melewati masa kritikal mengatur arus kas,  satu sampai dengan tiga tahun. Berikutnya akan dihadapkan tuntutan memiliki mekanisme prosedur dan proses yang memudahkan pengelolaan usaha. Kebanyakan yang hadir belum mampu mendefinisikan proses/prosedur yang diperlukan. Maka sudah jamak ditemukan size bisnis makin besar tetapi pondasi belum tertanam. Membesarkan usaha memang sering menjadi pilihan dibanding menguatkan.


Pemaparan-contoh-dan-tips-penguat-pemahaman-peserta

Dalam paparanya narasumber, Lukman Setiawan menyampaikan pentingnya setiap pebisnis menghidupkan briefing setiap hari. Durasi waktu sepuluh menit, tidak terlalu menyita tetapi dampaknya akan menumbuhkan kedekatan pemikiran dan hati pegawai. Bukankah saat ini  teamwork menjadi keinginan tetapi dalam faktanya jauh panggang dari api, mereka hanya dekat fisik tapi bekerja sendiri sendiri karena ketiadaan koordinasi.

Menarik juga kenyataan bahwa perusahaan peserta ada yang telah tersertifikasi ISO , tetapi SOP nya belum dapat diimplementasi. Pertama karena mereka tak terlibat dalam pembuatanya, kedua tak ada fase sosialisasi SOP. Peranan konsultan sangat dominan sehingga perusahaan dan team tak dilibatkan. Jika sudah begini sebetulnya mereka lebih banyak kerugian daripada mendapat pengetahuan yang memudahkan.


Pelatihan dua hari yang mayoritas menjaring pengusaha start up, mendapat respon luar biasa saat sesi tanya jawab. Kebanyakan mereka haus dengan pengetahuan aplikatif yang menyentuh, tak perlu teori yang rumit dan berbelit.


Lukman-Setiawan-memaparkan-Pentingnya-SOP-dalam-Bisnis

Di hari kedua peserta dituntun dengan materi pembuatan activity plan dan cara mengevaluasi implementasi SOP. Bahwa monitoring dan evaluasi tidak ditentukan perubahanya dalam bingkai waktu, melainkan dinamika SOP akan terjadi jika ada perubahan pada Man, Machine, Material, Methode, Environtment dan Customer Claim.

Ada pula peserta selain mengelola usaha  juga mempunyai sekolah bisnis, menemukan SOP adalah jawaban. Selama ini yang diyakini dan diimplementasi mencetak pengusaha cukup hanya menduplikasi formula pengusaha sukses, mengikuti keberhasilan orang lain. Hanya diberikan motivasi tapi belum dibekali cukup cara pengendali bisnis.


tanya-jawab-bernas-tingkatkan-kualitas-kelas



Tip lain yang dibagikan  membangun SOP adalah  menggunakan bahasa jelas tak menimbulkan pertanyaan. Bagaimana cukup menelaah SOP orang awam menjadi paham tanpa kehadiran kita. Membuat SOP harus dibarengi  kesadaran mindset bahwa sistem penting tak dapat dimainkan melulu pemaksaan dengan mobilisasi.

Motivasi saja tak dibarengi system mumpuni akan menghasilkan kesulitan dan kebocoran pengendalian. Maka investasi leher keatas bagi entrepreneur mutlak diikuti, bukan lagi opsi (LSe)
 
Top