All-Participant-workshop -SOP-Bali- Berfoto-bersama

Membangun Sistem adalah seni mengendalikan resiko . Banyak pebisnis tak menganggapnya penting, tapi disaat genting - kerugian datang,  mereka mulai merasa membutuhkanya. Sebagaimana payung akan terasa keberadaanya saat hujan membasahi sekujur badan.

Sanur Paradise Plaza Hotel & Suites Tabanan Room, Bali 24-25 September 2013 SANG EO  sukses menyelenggarakan Workshop SOP Tepat.

Tanpa sistem, kehilangan, kebocoran dan kerusakan mendatangkan kerugian. Sebagaimana disampaikan dalam testimoni oleh A.A Dwi Nugraha - Insinyur Mesin, Teknisi sebuah perusahaan Jewelery terkemuka Pulau Dewata.

Suasana-kelas-Workshop-SOP-Bali



Perusahaanya bekerja suatu hari pernah kehilangan emas seberat 2 Kilogram disaat jam makan. Semua karyawan tak ada yang tahu bahkan management pun  tak  paham kepada siapa menuntut tanggung jawab. 

Tak adanya standar baku tertulis dan  job deskripsi jelas menjadikan prosedur pelaksanaan kerja bisa dirubah  sesuai selera karyawan. Aturan lisan yang telah dibuat menyebutkan : sebelum rehat emas harus disimpan di brankas, tapi karena tak ada sistem kontrol, emas tak ditempatkan semestinya. Kehilangan adalah kerugian dan mengganggu jadwal penyelesaian.

Bersama-Gede-Dermawan-SPP-di -Bali-TV


Bisnis ini bermula dari skala kerajinan rumah tangga,  memiliki aturan kerja sederhana. Tetapi dalam perkembanganya makin membesar dan memiliki 800 pekerja. Sayang bertumbuhnya bisnis tak diiringi pertumbuhan sistem . Akibatya kerugian membuahkan penyesalan.

Bintang Workshop  SOP  berikutnya adalah Gede Dermawan, Pengusaha tenar , Presiden Direktur PT. Dermawan Berkelimpahan, Pendiri & Pemilik Sekolah Pencetak Pengusaha, GlobalIndo Property, Global Print Shop, Harmonis developer.

Melalui sharing, pertanyaan maupun tanggapan yang dilontarkan suasana menjadi segar dan hidup. Gayanya yang lugas dan kocak mampu menginspirasi seluruh peserta  mengikuti acara dengan lebih enjoy.

Beliau antusias dan merasa tercerahkan, diakuinya selama ini dominan  otak kanan. Beberapa kali bisnisnyapun mengalami kegagalan, salahsatunya karena mempercayai mitra bisnis dan menganggap semuanya dapat dipercaya & lurus. Sayangnya tak satupun aturan baku dituangkan sebagai rambu panduan. Hutang akhirnya membelit dan menenggelamkan impian yang telah dirajutnya.

Dipenghujung acara Gede Dermawan mengendorse Lukman Setiawan dari LSe Access Surabaya menjadi narasumber Talkshow bisnis di Bali TV.  Tayangan direncanakan on air tanggal 23 Oktober 2013  Jam 20.00 WITA.


Behind-The-Scene-Talkshow-SOP-bagi-Bisnis-Bali-TV

Seminar pembuka  akan di selenggarakan tanggal 25 Oktober di Hotel Grand Santhi Jl Patih Jelantik Denpasar Bali, Free bagi masyarakat umum.

Beliau memfasilitasi  langsung  dibuka kelas pelatihan materi Cara Tepat Membangun Bisnis Ideal tanggal 26-27 Oktober 2013. Harapanya  Pebisnis Bali memperoleh pengetahuan dasar teknik dan cara mengelola Bisnis berbasis  SOP Tepat.  Menyeimbangkan otak kanan dan kiri adalah kebutuhan tanpa perlu menunggu permasalahan menyulitkan.

Yuk, segera membangun  SOP berpemastian sebelum  kemudahan akan menghilang digantikan kesulitan dan kekacauan berterusan. Bagaimana menurut anda? (LSe)




 
Top