Pemateri-Workshop-Membangun-SOP-Tepat-Lukman-Setiawan



Sabtu Pagi cerah, 31 Agustus 2013, Hall Hotel Trio Indah 2 Jl Slamet Riyadi Malang dipenuhi peserta pelatihan. Mereka datang dari beberapa Kota: Jakarta, Surabaya dan terbanyak dari seputar Malang Raya. Pelatihan yang dibesut SMART EO ini merupakan batch ke-3 Workshop Membangun SOP Tepat di Kota Malang.


Latar belakang bisnisnya beraneka : Trading bahan bangunan, Hotel, Property, Perguruan Tinggi Bisnis, Konsultan Bisnis,  Bakery, Coffee, Supplier Alat Kesehatan, Optik & Furniture. Meski begitu, untuk orientasi kehadiranya senada, yakni ingin tahu lebih jauh tentang kiat, tips dan solusi mengurai permasalahan system.


Suasana-Workshop-Membangun-SOP-Tepat-Malang


Sesi pertama disampaikan materi  Pentingnya Sistem dalam Organisasi Bisnis Oleh Lukman Setiawan dari LSe Access Surabaya. Semua peserta diberikan pembekalan dan pembenahan mindset bahwa tanpa system dalam Bisnis dapat timbul kekacauan. Berkaca dari alam bagaimana tata surya diatur  dengan sempurna, organisasi tak dapat dibiarkan tanpa  tata kelola.


Berikutnya disampaikan methode perumusan kebutuhan SOP pertama dalam format Roadmap yang memudahkan. Disini peserta diajak mencoba mensimulasikan dan mengisi template yang sudah tersedia. Sesudah itu  sesi Rahasia Membangun SOP Tepat disampaikan runtut mulai dari urutan  contoh  aplikasi hingga kendala yang sering dihadapi.

Meski materinya berat, tapi dengan cara pembawaan serius- santai memancing banyak pertanyaan dari peserta. Dinamika kelas makin hidup  dengan share kendala dan masalah dari pengalaman bisnis yang dikelola peserta.  Sehingga suasana  Workshop  makin berwarna bukan sekedar text book, share yang disajikan lebih banyak aplikasi dari sekadar teori basi.

suasana-tanya-jawab-seputar-SOP

Dihari Kedua, 1 September 2013  materi lebih banyak disajikan dalam format tips aplikatif yang menggugah sehingga peserta tergerak segera bertindak. Mulai dari  Jurus Menghindar Kesalahan Fatal membangun SOP, Tips Implementasi Konservasi SOP, Penanganan Customer Claim menuju service Excelent hingga Dinamika Membangun SOP, Perubahan SOP Tepat Kaya Manfaat. Acara ditutup dengan penyajian Activity Plan, Komitment memulai Perubahan.

Penghujung acara diisi dengan praktek dan presentasi pembuatan Activity Plan sebagai Pekerjaan Rumah yang akan diimplementasikan. Waktu dua hari terasa singkat karena mulai tumbuh semangat,  rasa ingin tahu telah berlipat . Semoga apa yang telah disajikan dapat dimanfaatkan untuk memperbaiki kondisi bisnis yang telah dikelola. Sampai Ketemu di Workshop berikut di kota Jogjakarta...(LSe)

Keceriaan-antusiasme-peserta-Workshop-SOP-Malang-Batch-3

 
Top