Suasana-tanya-jawab-SOP-Temu-Entrepreuner-Asscociation-Malang



Acara rutin bulanan yang dihelat oleh komunitas  Entrepreuner Association (EA) Malang bertujuan untuk memperbesar dan meningkatkan kualitas jaringan bisnis lebih luas. Dalam setiap pertemuan   yang bertujuan  konsolidasi internal dan mensinergikan peluang, juga dibagikan pembelajaran dengan mengundang nara sumber kompeten dibidangnya.

Presentasi-Mengapa-perlu-sop-dalam-bisnis-EA-Malang


Sore 21 Agustus 2013, selepas Maghrib CafĂ© Wilis  yang berada di bilangan Jl Bondowoso Malang mulai diisi para muda bumi AREMA. Mereka adalah pebisnis muda, pembelajar yang ingin menambah ilmu, atau pebisnis mapan yang  selalu haus menambah pengetahuan. Semuanya datang dengan kebahagiaan, terpancar keriangan, senyuman dan sapa penuh keakraban.

Maka ruangan yang sedianya akan diisi 30-an  orang malam itu disesaki 58 orang undangan. Peserta adalah pengurus, anggota dan simpatisan EA yang antusias mengikuti sharing bertema Pentingnya SOP dalam organisasi Bisnis.

Lukman Setiawan, malam itu mengajak hadirin untuk mengelola bisnis dengan keseimbangan tidak hanya dominan otak kanan. Melainkan ada pengaturan system berpemastian menggunakan otak kiri, yang berfungsi sebagai kemudi haluan.


Tekun-menyimak-materi-SOP-peserta-temu-EA-Malang

Hasil riset di  USA di tahun 2008 : “Dari 100 bisnis  yang dirintis, 80% mati di tahun pertama, 50% sisanya mati ditahun ke 5, dan hanya 4% yang bertahan dan menikmati ulang tahunya yang ke 10.


Ini terjadi di negeri yang pemerintahnya sangat mendorong dunia usaha dan memiliki prosentase pengusaha sebanyak 11%.

Di Indonesia angka kebangkrutan dan gagal lebih banyak lagi. Jumlah Pengusaha hanya  0,18% dari total penduduk, akibat system incompetent dan hanya mengandalkan emosi tak terkendali bisnis mati dini.

Maka kehadiran System adalah tuntutan dalam organisasi Bisnis.  Berhati-hati dan tak asal berani akan mereduksi resiko mengalami kegagalan dalam mengelolanya. Pebisnis juga tak selalu harus terpenjara waktu dan tenaga didalam usahanya.


Untuk itu berbagai pengetahuan, skill dan Tools sangat diperlukan, salahsatu keahlian yang harus dikuasai Pebisnis adalah membangun Standard Operating Prosedure (SOP) tepat. Diharapkan pebisnis memahami, menyadari sedari dini bisnis akan sangat terkendali dalam balutan SOP mumpuni.


Acara malam itu  sukses mengajak peserta  berinteraksi melalui berbagai pertanyaan  dan sharing pengalaman seputar praktek dan problem dilapangan. Bahkan ada peserta yang membawa contoh SOP yang telah dibuat, berharap masukan dan kritik agar SOP dapat sesuai dengan standar yang diharapkan (LSe)

 
Top