SOP -Tepat-  Penjaga -Kualiti- dan -reputasi -Bisnis- pesat!

Menjaga kualitas produk maupun layanan akan berpengaruh signifikan terhadap  ketahanan masa depan bisnis mapan. Reputasi merk dagang yang terjaga akan pastikan usaha akan selalu tumbuh ke trend positif.





Pernahkah kita menyadari satu pelanggan yang tak puas akan mendelevery pesan negative kepada 8-10 orang lainya. Satu dari mereka bisa jadi akan mampu meneruskan kekurangan tersebut kepada 20 orang berikutnya, dan seterusnya bukan?

Berita buruk lebih cepat menyebar, dan celakanya berita yang telah memancar lebih sulit dikendalikan. Karenanya sangat penting selalu berusaha memuaskan pelanggan, mereka tak akan mau datang kembali jika sudah pernah kecewa atas mutu layanan kita.

Kualitas produk atau jasa prima akan mampu jadikan apa pun yang kita hasilkan memuaskan pelanggan. Impact yang diperoleh, pelanggan akan loyal menggunakan produk yang kita hasilkan.

Repeat order akan selalu didapat. Berarti, keberlangsungan bisnis akan tetap terjaga. Bisnis yang ditopang oleh pemahaman kualitas yang benar, mempunyai nilai kompetitif dibandingkan pesaing. Maka kenalilah potensi yang Anda kembangkan dengan mendeskripsikannya secara spesifik. Berikutnya buat standard operating procedur yang dibuat dengan mengacu pada keinginan pelanggan.

SOP merupakan panduan di mana semua yang telah tertulis harus dilaksanakan dengan sempurna. Saat kita telah berhasil menetapkan SOP, berarti kita juga telah merumuskan standar kualitas yang diinginkan pelanggan. Melalui SOP ini pula, sebenarnya kita telah memberikan jaminan atas proses/prosedur yang kita lakukan akan bisa mencapai target mutu.

Kenyataan yang terjadi saat ini menunjukkan bahwa para pebisnis dalam menjalankan bisnisnya belum memahami sepenuhnya kualitas seperti apa yang diinginkan pelanggan. Jika hal ini terjadi, sesungguhnya apa yang mereka kerjakan belum sepenuhnya mencapai sasaran yang diinginkan. Kualitas adalah level tertinggi target yang harus kita tetapkan.

Secara sederhana, kualitas adalah keinginan pelanggan. Keinginan yang dimaksud dituangkan ke dalam bentuk spesifikasi yang terukur. Kalau pelanggan tidak membuat deskripsi yang jelas, gunakan satuan kualitas yang bersifat umum.

Pelanggan pasti mempunyai nilai ideal terbaik terhadap suatu produk yang kita hasilkan, misalnya harga yang terjangkau, pengiriman tepat waktu, serta mutu sesuai ekspektasi kebutuhannya. Oleh karena itu, dalam SOP perlu dicantumkan mengenai tenggat waktu setiap proses, siapa PIC-nya, bagaimana jika menghadapi kondisi abnormal, dan siapa yang akan dihubungi jika terjadi kondisi tidak biasanya.

Pastikan setiap PlC bertanggung jawab atas mutu pekerjaannya masing-masing. Pahamkan bahwa mereka harus menjamin pekerjaannya benar-benar telah sesuai dengan standar baku yang telah ditetapkan. Pahami konsep “Tidak menerima barang defect, tidak membuat barang defect, dan tidak meneruskan barang defect”.

Masing-masing lini tahu dan mengerti bahwa kualitas angka defect dapat ditekan ke titik minimal. Untuk itu, buat standar yang bisa dibandingkan sehingga operator bisa membedakan mana produk good dan no good. Jika kita belum bisa mendeskripsikan tentang konsep ini, jangan pernah berharap operator dapat bekerja minim defect.

Konsep inilah yang dimaksud dengan “Tidak ada kompromi bagi kualitas” - kualitas adalah harga mati. Sekali ada toleransi terhadap kualitas, maka kerugian akan terjadi. Bayangkan berapa ongkos yang harus dibayar untuk perbaikan dan berapa rupiah uang yang harus dikeluarkan untuk membayar klaim. Memberikan potongan harga diskon, berarti ada pengurangan penghasilan.

Keunggulan kompetitif yang harus dikembangkan untuk melengkapi keinginan pelanggan berikutnya adalah harga terjangkau. Kualitas prima tanpa bisa dibeli oleh pasar akan menimbulkan masalah besar.

Perhatikan juga waktu pengiriman agar sampai tepat waktu ke tangan pemesan. Produk terbaik yang dikirim terlambat dari jadwal, akan kehilangan momentum “Gaun pengantin terbaik yang diselesaikan seusai tanggal pesta dihelat menjadi tidak berarti”.

Ingat! kita juga perlu memperhatikan keselamatan (safety). Kualitas prima, harga terjangkau, dan pengiriman yang tepat waktu, tetapi saat proses penyelesaian menimbulkan kecelakaan kerja, itu artinya “Nol Besar”.

Terakhir, pemastian yang perlu diperhatikan adalah kedisiplinan. Poin penting yang akan mampu menghasilkan konsistensi produk. Setelah kualitas dapat dideskripsikan dengan baik dan SOP dapat dirumuskan secara tepat, pastikan tim dapat mengimplementasikan dalam semangat terjaga konsistensinya.

SOP Adalah salahsatu cara menjaga kualitas, reputasi serta berfungsi sebagai suatu acuan  dalam menjalankan bisnis tumbuh pesat. Bagaimana menurut Anda? (LSe)

 
Top