Ketidak jelasan sistem ditengarai menjadi pemicu  amburadulnya pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMA di 11 propinsi tahun ini .

Beberapa Daerah mengalami problem pendistribusian soal UN hingga terjadi keterlambatan dan penundaan Ujian.  Secara Kasat mata inilah gambaran buruknya kualitas  penyelenggaraan Pendidikan di Indonesia.  Kekacauan tahun 2013 diyakini merupakan  yang terburuk sepanjang sejarah penyelenggaraan UN.

Jika dicermati  akar penyebab masalah,  adalah karena belum dimilikinya sistem terintegrasi dan standarisasi yang memiliki methode penjaminan kualitas utuh. Banyak faktor tidak  memiliki sistem kontrol yang baik ,  percetakan tidak termonitor, sehingga akhirnya pelaksanaan UN tidak sesuai rencana.

Bisa juga karena peraturan tumpang tindih, koordinasi yang tak berjalan baik dan banyak lagi potensi kekurangan yang harus segera diperbaiki.

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya  tiap masalah hanya terdengar ramai diawal dan akan kembali sunyi tanpa perbaikan signifikan dan relevan di akhir.  Pengulangan kesalahan adalah resiko yang memang harus dibayar  mahal para siswa yang menjadi korban buruknya sistem penilaian kelulusan.

Beberapa saat lalu LSe Access mendapat kesempatan melakukan pendampingan di salahsatu sekolah Swasta terakreditasi A dari Pemerintah. Fakta yang ditemukan,  banyak hal yang belum dituliskan, kebanyakan  prosedur dibangun dari kesepakatan bukan dituliskan detail. 

Belum jelasnya standar  mutu yang diinginkan sehingga pelaku  tak paham apa yang harus dilakukan untuk mencapai kondisi ideal.  Kondisi apa yang harus dihindari dan bagaimana jika kondisi abnormal terjadi, bagaimana cara penanggulanganya, siapa yang harus diajak berkoordinasi dan memutuskan problem yang muncul.

Dari momentum ini kita berhasil meyakinkan ke para penyelenggara pendidikan bahwa SOP yang dilengkapi visualisasi lebih baik daripada sekedar Narasi mati.

Berikut saya sharingkan contoh SOP tepat,   hasil menjalankan rumusan tahapan Rahasia Membangun  SOP Tepat. Kita berharap model ini dapat  menginspirasi para pelaku organisasi. Jika kita terapkan dengan baik dan sistematis tak mustahil perbaikan akan kita dapatkan, kekurangan dan penyimpangan dihilangkan  cepat (LSe)




Contoh-SOP- tepat-Persiapan-Pelaksanaan-UTS-Sekolah-1





cpntoh-SOP-tepat-Persiapan-Pelaksanaan-UTS-Sekolah-2




contoh-SOP-tepat-Persiapan-Pelaksanaan-UTS-Sekolah-3


 
Top