Check link :
 http://bpws.go.id/?p=1910



Pada 24-25 April 2013 diselenggarakan  kegiatan sosialisasi PERMENPAN-RB No. 35 Tahun 2012 Tentang Pedoman Penyusunan SOP Administrasi Pemerintahan oleh Adrinal Tanjung , Kepala Bidang Penyusunan Sistem dan Prosedur Pemerintahan Deputy Bidang Tata Laksana Kementrian Negara PAN dan Reformasi Birokrasi, Jakarta.

Pengayaan-materi-SOP-Administrasi-Pemerintahan
Acara yang dihelat di Hotel Twin Plaza Surabaya, dimaksudkan sebagai upaya Bapel BPWS Suramadu  untuk menajamkan pengetahuan tentang SOP bidang Administrasi Pemerintahan.

Sebagai Badan Pemerintah yang didirikan di tahun 2008 berdasarkan Peraturan Presiden untuk pengembangan wilayah Surabaya-Madura (Suramadu) tentulah acuan tetap harus mengakar kepada peraturan Pemerintah. Kegiatan ini merupakan rangkaian seri ketiga membangun Standar Operasional Prosedur (SOP) Tepat di institusi ini.

Selain sosialisasi peserta juga diberikan panduan praktis mengenai teknis mengidentifikasi kebutuhan SOP dan membuat rencana penyelesaianya. Lukman Setiawan dari LSe Access consultant Surabaya dihari kedua memberikan sharing dan pengayaan materi terutama dari sudut pandang berdasarkan materi Buku Rahasia Membangun SOP Tepat yang ditulisnya.
Peserta-BPWS-Suramadu-menyimak-pemaparan-SOP


Inilah duet yang saling melengkapi dan membuat suasana pelatihan makin hidup dan dinamis. Peserta diminta mempresentasikan pemahamanya dan setelahnya diberikan tip masukan maupun penilaian bagaimana semestinya membuat SOP.

Kegiatan yang tak hanya menyajikan teori bagaimana cara membuat SOP Tepat, mulai dari konsep, pemahaman hingga praktik soal.

Dari pertemuan seri ketiga ini pemahaman peserta makin mmengerucut dan jelas bagaimana semestinya SOP harus dimulai. Peserta diberi wawasan bahwa SOP yang harus diselesaikan adalah yang paling sering digunakan, menyentuh hajat kegiatan semua Divisi dan dicari yg memiliki kadar resiko terbesar.

Semua organisasi semestinya dikelola dengan management mumpuni untuk mendapatkan kondisi harmoni, menghindari kekacauan dan penyimpangan yang masih acap terjadi. (LSe)

mbangun-SOP-Administrasi-Pemerintahan-BPWS-Suramadu-Surabaya

 
Top