http://www.kdsrestaurant.com/id/home.php

Restaurant Chinesse Food ternama  di Kota Malang berasitektur Canton bernuansa merah darah. Siang itu selepas jam makan siang bertempat di area serbaguna berlangsung acara training semi workshop Materi SOP. Pesertanya adalah level Midle Up dari Bagian Personalia & Umum, Marketing, Service, Finance & Accounting, Food & Beverage , EDP dan Director sekaligus owner Mr Hendra Wijaya.

Jajaran Pimpinan memandang perlu menajamkan pengetahuan tentang  sistem Management  berbasis SOP bagi tiap Kepala Departemen terkait. Diharapkan acara ini mampu memberi inspirasi bagi ketepatan dan kecepatan dalam menyelesaikan problem keluhan customer dan komunikasi makin padu antar unitnya.

KDS Cantonese Restaurant  adalah metamorfosa depot Kecil yang bermula di Jalan Kudusan pada awal tahun 1974, berlanjut ke  Jl Gatot Subroto Malang  dan sejak 2004 beralih ke Jl Araya Megah No 1.

Lokasi yang berada di sudut kawasan perumahan elit  Bhumi Araya  membuatnya  mudah diakses dari berbagai arah. Restaurant bertagline "Combined with the art of cuisine and the Real Chinesse atmosphere" memang menjanjikan pengalaman kuliner tiada dua. Sejenak berada didalamnya nampak suasana tak pernah sepi, pengunjung terus hadir mengalir. Ada yang mengajak keluarga, sejawat dan relasi, dan ditiap jam makan siangnya memamerkan puncak keramaian.

Kerja keras, belajar tak kenal lelah dan inovasi tiada henti adalah kunci suksesnya. Dari tahun ke tahun membuat KDS Cantonese Restaurant berkembang dan diterima masyarakat luas. Menu Variatif, hingga mencapai lebih 200 an dibarengi perhatikan  terhadap cita rasa dan selera konsumen telah menghantarnya sebagai Restaurant terkemuka dan terbaik di kelasnya. Disiplin mempertahankan rasa khas masakan kanton membuat KDS restaurant sangat dikenal akan  kualitas produk dan servisnya.

Secara Size Bisnis dan Pasar Restaurant ini telah masuk kategori besar, namun secara sistem dan standarisasinya belumlah sempurna. Masih perlu dilakukan perbaikan dan penataan yang lebih baik dari waktu ke waktu . Bagaiamanapun juga bisnis terkembang yang tak diikuti sistem yang berkembang akan menyulitkan jika ingin diajak “terbang”

Karena nilai strategis inilah Lse Access Consultant diminta untuk memberikan ide masukan serta saran perbaikan. Acara ini dihelat mulai tanggal 15-20 Januari 2012 di side Restaurant, dimulai dengan training semi workshop selama dua hari dan sisanya adalah pendampingan pembenahan sistem.

Salahsatu materi menarik yang menjadi dasar kajian adalah Trilogi Pilar Kualitas, dimulai dari pemastian Material terbaik, Proses yang benar dan Delivery tepat baik mutu dan waktunya. Semua peserta antusias sharing mengenai problem dilapangan dan memberi tanggapan positifnya. Parameter kedalaman dan kefahaman itu terukur dari antusiasme berwujud pertanyaan kritis dan praktis per topik yang dibawakan.

Beberapa hal yang berhasil dirumuskan diantaranya : penjadwalan meeting koordinasi rutin, briefing ditiap section sebelum memulai aktifitas, pendokumentasian customer claim beserta cara melakukan follow up tepat, membuat beberapa checksheet dan checklist untuk pemastian dan ketepatan event.

Disamping itu team management beserta Board Of director berkomitment untuk mulai merencanakan pembuatan dokumentasi SOP tepat sesuai dengan kaidah baku. Selepas dibentuk Team pembangun SOP, dilanjutkan dengan penulisan Roadmap Kebutuhan SOP dan rencana target penyelesaianya yang tertuang detail didalam Activity Plan.

Diakhir acara workshop peserta menyampaikan antusiasmenya untuk mulai melakukan pembenahan di Departemenya masing-masing. Tak kurang Mr Hendra Wijaya juga menyampaikan kesediaan untuk terus mengawal perbaikan yang tak berkesudahan di Restaurant yang dipimpinya. GO KDS, Fly Your Business with SOP Persistance! (Lse)





 
Top