Sadarkan-pentingnya-SOP-untuk-bisnis-lebih-baik
Standar Operasional Prosedur-Banyak pertanyaan disodorkan ke saya,  bagaimana mulai  membangun SOP? Jika kesadaran pentingnya bisnis bersistem  telah diperoleh selepas workshop, acap tumbuh keinginan sempurnakan pemahaman.

Ada yang harus kita prioritaskan, karena jika tak disegerakan keinginan akan hanya berujung di impian. Maka, mulai dengan menuliskan dan merumuskan dalam sebuah konsep roadmap panduan.

Proses penulisan Roadmap sebaiknya dirumuskan secara team oleh penyusun SOP yang ditunjuk.Ingat masing masing departemen harus terwakili, jangan ada yg terlewati.

Roadmap  ini adalah  mapping aktiviti dari bisnis yg kita kelola.  Didalamnya berisi  tentang kegiatan mulai dr  A sampai dengan Z proses/prosedur yang telah dijalani.

Kenapa kita perlu buat  roadmap?  Aha,ini adalah inventarisasi sederhana berapa banyak kebutuhan SOP yang perlu kita buat dan bakukan dalam bisnis kita.

Jadi, jangan ada bingung, linglung apalagi takut menggantung untuk niat suci dan tekad  yang  telah menggunung. Semua ada cara sederhananya asal sedikit mau menebalkan asa.

Sekarang coba tuliskan runtut kegiatan mulai dari menerima order dari customer, follow up dalam perintah kerja ke produksi, memesan bahan baku, konsep standard kualitas material ideal versi Anda.

Cara menerima  barang dari Supplier, methode  pemeriksaan barang; bagaimana cara pengecekan quantity,bagaimana spek quality dibandingkan dengan standar nya?

Proses penyimpanan di gudang, cara supply ke line produksi, proses produksi berupa pengerjaan, order sesuai keinginan pelangggan. Sebutkan detail per bagian dari hulu sampai ke hilir.

Proses Packaging dari tata cara, pemberian label kemasan hingga delivery ke tangan customer. Dapat juga ditambahkan proses  display jika produk harus mampir ke showroom untuk dipamerkan.

Yang perlu  anda perhatikan dan pastikan apakah judul yang dipilih mencerminkan ide contents yang ingin diuraikan dalam SOP.

Pahami bahwa judul   SOP harus sebangun dengan isinya. Karena ketidak sinkronan akan mengaburkan SOP sebagai panduan berkekuatan.

Standar operasional Prosedur memang harus dituliskan detail untuk menghindari kondisi bisnis tak berpunya haluan.

Komitmen menyelesaikan perlu selalu dibenamkan, kesadaran harus selalu ditanamkan. SOP adalah kerja tambahan disela aktivitas rutin harian.

Maka siapa yang sejatinya beruntung? Mereka adalah sesiapa yang mau beraksi tak hanya berhenti dilevel mengerti. Standar Operasional Prosedur harus dimulai.....
Bagaimana pendapat Anda? Salam SOP-asti!

 
Top