Hotel UTAMI Surabaya, 19-20 September 2012




Staf-ahli-BPWS-Bidang-Penataan-Management


Suasana-Kelas-Workshop-SOP-BPWSMaster-Trainer-SOP-paparkan-materi-SOP-Pemerintahan


SOP Pemerintahan - Untuk melaksanakan pengembangan wilayah Surabaya – Madura (Suramadu), dengan Peraturan Presiden Sesuai perpres 27 Tahun 2008 tentang BPWS ini dibentuk Badan Pengembangan Wilayah Surabaya – Madura.

Kedepan Lembaga ini memiliki peran strategis dalam mengakselerasi pertumbuhan Bisnis di Kawasan Jawa Timur.

Guna mendapatkan pemahaman yang mendasar tentang pedoman pembuatan Standar Operasional Prosedur (SOP), sebagaimana yang diatur Permen PAN Nomor: PER/21/M.PAN/11/2008 tentang Pedoman Penyusunan Standar Operasional Prosedur Administrasi Pemerintahan.

Salah satu aspek penting dalam rangka mewujudkan birokrasi yang memiliki kriteria efektif, efisien dan ekonomis adalah dengan menerapkan standard operating procedures (SOP) pada seluruh proses penyelenggaraan administrasi pemerintahan. Dengan adanya standard operating procedures, penyelenggaraan administrasi pemerintahan dapat berjalan dengan pasti, berbagai bentuk penyimpangan dapat dihindari.

BPWS mengadakan pelatihan penulisan Standar Operasional Prosedur (SOP) bagi segenap jajaran pimpinan dan stafnya. di Hotel Utami, Juanda, Surabaya pada tanggal 19-20 September 2012 ini dibuka oleh Kepala Badan Pelaksana BPWS, Ir. Moh. Irian, M.Eng.Sc.

Dalam pengarahanya, Kepala Bapel  BPWS, Ir. Moh. Irian, M.Eng.Sc menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan upaya BPWS untuk meningkatkan kinerja dalam melayani masyarakat, khususnya kawasan Suramadu dengan melakukan penataan manajemen yang salah satunya dimulai dengan penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang efektif. Diharapkan dengan adanya pelatihan penulisan SOP ini akan meningkatkan kemampuan jajaran pimpinan dan staf Bapel BPWS.

Acara yang diisi langsung oleh Master Trainer SOP dari Lse Access Consultant berisi materi tentang pentingnya Memiliki SOP Tepat, hingga praktek membuat SOP dengan templates yang telah dibuat. Meski acara telah disusun dengan skema jadwal ketat, pertanyaan dan contoh kasus yang dibahas tetap menarik diikuti oleh semua peserta secara penuh. (LSe) 

http://bpws.go.id/?p=1784
 
Top