SOP-Membagi-Tips-merubah-resiko-ke-peluang-terkendali

SOP Tepat, menurut hasil kajian, Negara akan maju secara Ekonomi jika memiliki sedikitnya 2 % Pengusaha kuat. Indonesia baru memiliki 0.18%, artinya kurang dari 1% kebutuhan syarat minimal sebuah Negara dikategorikan maju secara ekonomi. Tugas kita bersama mmotivasi dan memulai beri contoh terjun ke dunia bisnis.

Masalah terbesar bangsa kita adalah minimnya keberanian mengambil pilihan hidup sebagai pengusaha. Kenapa ini terjadi? Dikarenakan bisnis adalah jalan hidup penuh resiko dan ketidak pastian. Bagi yang memilih untuk duduk di zona nyaman. Kondisi tanpa tantangan, lebih menyenangkan dan “menjanjikan” daripada yang memilih bertarung di jalur yang penuh perjuangan.

Sebaliknya, Jika kita  memutuskan bisnis sebagai pilihan hidup, kita dapat mulai mencari model bisnis yang identik dengan bisnis kita dan telah teruji meraih sukses. Tujuanya adalah mencari formulasi yang mereka praktekan dan dapat kita duplikasikan ditempat kita.
Langkah pertama adalah merumuskan struktur organisasi sehingga masing masing paham, tugas , tanggung jawab  dan wewenangnya.

Saya sering mendapati awal masalah dikarenakan organisasi belum memiliki struktur sehingga belum dapat membagi kerjanya secara jelas-tuntas.

Akibatnya terjadi kebingungan, bekerja seolah telah cukup sesuai pemahaman. Kenyataanya mereka harus menghadapi  berbagai macam ketidakpastian.

Pahami apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab , maka kita akan mendapat kemudahan dalam bekerja. Pahami dokumen mutu yang menjadi porsi bagian kerja kita. Pahami input yang sesuai dengan proses kerja, periksa equipment  dan alat kerjanya.

SOP Tepat,Kendalikan parameter prosesnya!
Jika semua bagian mampu memilah prioritas dan kepentingan bekerja sesuai dengan porsi masing-masing. Maka akan timbul sebuah rangkain kerja yang sesuai dengan standard yang telah di tetapkan. Akan ada kepastian yang sangat diperlukan sebagai  sebuah kekuatan, dimana kecil peluang terjadi  sebuah  kesalahan.


SOP Tepat yang dipahami dan diikuti langkah demi langkahnya akan berbuah sebuah  standard mutu layanan terbaik. Tak ada yang kurang semua serba prima. Petunjuk yang diberikan memberi gambaran detail, tak kurang tak lebih.

Kata kuncinya adalah standarisasi memperkecil peluang kegagalan, standarisasi akan memudahkan duplikasi dibuat . Bahkan dengan standarisasi beberapa resiko telah berubah menjadi sebuah peluang yang terkendali.

Dalam ranah bisnis peluang  terkendali akan memperbesar posisi tawar kepada calon Investor untuk mengambil bagian dalam usaha kita.
Artinya cukup sebuah SOP Tepat akan menjadi  jaminan bagi Investor untuk  dapat menjalankan bisnis sesukses yang dilakukan inisiator produk.

Pendekatan terbaiknya adalah tiga kunci kualitas :  tidak menerima barang defect, tidak membuat barang defect serta tidak mengirim barang defect. 

Masing masing user SOP  Tepat memiliki pengetahuan “ My Quality Assurance”.  Saya menggaransi kualitas kerja yang menjadi tanggung jawab. Caranya dengan mencari important point paling penting yang menjadi kunci berjalanya sebuah proses.


Jika kita telah memiliki important point dan meruskan kedalam perintah yang harus dilaksanakan sesuai standard, maka akan dapat dipastikan kualitas prima akan diperoleh sempurna.


Mulailah dari memastikan setiap bahan baku masuk, pastikan jangan pernah menerima material  cacat, maupun rusak.


Cara termudah adalah dengan mendefinisikan detail material yang anda bisa terima. Tetapkan sampel material ideal yang anda akseptasi, sehingga operator dapat membandingkan antara barang yang  masuk dengan sampelnya.

Bagi  Anda sampel  pembanding akan memudahkan kontrol visual. Bahkan orang awam pun yang tak mengerti spesifikasi hanya dengan melihat  sekilas dapat menyatakan  material ini berkategori OK-Not OK.
Saat proses pekerjaan dilakukan dimasing masing bagian tetap memegang kunci kualitas . Tidak membuat barang defect. Setiap unit harus paham penjaminan dimulai dari bagiannya, hingga meluas ke semua bagian menjadi (LSe)

 
Top