Standar Operasional Prosedur,

Inspirasi Buku RAHASIA MEMBANGUN SOP TEPAT

"Bisnis yang ideal adalah yang profitable, sustainable dan scalable. Bagaimana caranya supaya mencapai level itu?  Salah satunya adalah dengan membuat sistem yang kuat dan teruji. Buku ini sangat berguna bagi siapa saja yang ingin bisnisnya seperti itu. Pelajari dan praktekan isinya!"

Badroni Yuzirman, Entrepreuner Nasional, Founder Komunitas Tangan Di Atas (TDA), Owner Manetvision - Testimoni dalam bagian akhir buku Rahasia Membangun SOP Tepat

Standar operasional prosedur (SOP) telah menjadi sebuah kebutuhan kehidupan modern. Mulai dari sektor pemerintahan, bisnis, hingga kesemua lini telah sangat membutuhkan pengaturannya. Tingkat peradaban sebuah bangsa dapat diukur dari sistem yang berlaku dan dilaksanakan.

Sebagaimana juga sistem yang salah akan menjadikan bencana datang tanpa terduga. Kecelakaan moda transportasi, rusaknya bangunan sebelum masanya hingga korupsi yang tumbuh ke seantero negeri adalah contohnya.

SOP tanpa parameter pengukur kesesuaian standar yang disyaratkan menyimpan peluang kegagalan. Kehadirannya dianggap remeh maka sedikit yang concern padanya. Padahal tanpanya segalanya jadi lebih rumit, sulit.

Kata kuncinya adalah standarisasi memperkecil peluang kegagalan, standarisasi akan memudahkan duplikasi dibuat. Bahkan dengan standarisasi beberapa resiko telah berubah menjadi sebuah peluang yang terkendali.

Materi pembuatan standar operasional prosedur (SOP) menggunakan shortcut tercepat, tepat, dan tak ada yang terlewat. Inilah paparan Jurus Kilat Membangun SOP tepat. Bukan yang cepat tapi banyak yang terlewat.

Beberapa hal kesalahan yang sering dibuat, wajib dihindari agar SOP dapat mendatangkan manfaat. Jangan membuat kesalahan karena ketakfaham hakikat.

SOP dapat digunakan untuk mempertahankan mutu. Dimulai dari merumuskan, mendeskripsikan keinginan pelanggan.  Standar dapat dikenali hanya dengan membedakan kondisi OK dan N-OK. Rumuskan parameter sederhana dan konkrit mengenai hal yang harus dipastikan terjadi.

Tip mengenai cara mengkonservasi SOP, melengkapi sesi terakhir dari bab buku ini. Pengamatan dilapangan sebagian besar menunjukan ketakpahaman tentang SOP. Akibatnya standar operasional prosedur (SOP) yang telah dibuat cepat hilang dari peredaran.

Terakhir akan dibagikan paparan sederhana bagaimana jalan yang harus ditempuh untuk “meledakkan” pasar. Sistem bisnis franchise sebaiknya dipahami, dimengerti dalam meningkatkan percepatan dan faktor kali di sektor bisnis modern.

Organisasi yang mengabaikan SOP karena menganggap tak berguna, mereka akhirnya dihadapkan dengan problema yang sebenarnya dapat diselesaikan sederhana. SOP adalah siasat sekaligus solusi kreatif mengurai benang kebuntuan beragam problem perbaikan berkelanjutan.

SOP merupakan rangkaian aturan yang memiliki kekuatan sebagai suatu petunjuk direktif meliputi semua aspek. Didalamnya terkandung petunjuk detail mengenai apa topik yang dibicarakan, bagaimana aktivitas dilaksanakan, oleh siapa, dimana berlangsung, kapan waktunya. Pengembangan dan penggunaan SOP secara terintegrasi akan menghasilkan sistem kualitas yang lebih baik.

Dapat dirumuskan, SOP adalah perintah kerja atau langkah-langkah yang harus diikuti untuk menjalankan suatu pekerjaan dengan berpedoman pada tujuan yg harus dicapai (www.iso9000store.com).

Berdasarkan posisi standar operasional prosedur (SOP) yang strategis, praktis, maka penulis terinspirasi menuangkan dalam buku sederhana nan bertenaga guna memberi alternatif kemudahan bagi pelaku organisasi.

Spesifikasi teknis buku Rahasia Membangun SOP Tepat ed Revisi
Judul: RAHASIA MEMBANGUN SOP TEPAT ed Ravisi
Penerbit: Insan Cendekia, Surabaya
Penulis: LukmanSetiawan
Ukuran: 14,8 x 21 cm
Bibliografi: 114 halaman
Sampul: SoftCover + Extra CD Template Tool Step by Step Pembuatan SOP
Beredar: Maret  2014

Buku ini mengandung beberapa point penting yang ingin menjawab:
  • Dapatkah keajaiban SOP mendongkrak percepatan bagi bisnis dalam mencapai targetnya?
  • Bagaimana keajaiban SOP dapat memberikan solusi bagi pemastian kualitas?
  • Bagaimana keajaiban SOP dapat mengakselerasi penyelesaian masalah saat ditemukan customer claim?
Banyak lagi pertanyaan-pertanyaan yang muncul dan timbul ke permukaan….

Standar operasional prosedur (SOP) sangat dibutuhkan oleh semua bisnis, karena tanpa SOP sebetulnya banyak varian yang tak dapat dikendalikan. Anehnya banyak bisnis yang sudah berjalan berpuluh tahun tak memiliki panduan operasional. Memang kenyataan membuktikan tanpa SOP sebuah organisasi yang dikembangkan dapat berjalan, bahkan bertahan ditengah persaingan. Tetapi coba amati lebih banyak energi yang harus dikeluarkan, banyak pemborosan didapatkan.

Buku ini memuat "pengetahuan bergizi" tentang:
  • 22 Tips JITU Diagnosis Sistem Organisasi
  • 7 Cara Mudah Hentikan Pemborosan
  • Rahasia Kartu Pemastian Kualitas Personal
  • Tips Rahasia Membangun SOP Tepat
  • Jurus Rahasia Pemastian Kualitas SOP Tepat
  • Tips Sukses Implementasi dan Konservasi SOP

Buku ini memiliki 7 KEUNGGULAN dibanding buku sejenis yang telah terbit sebelumnya:
  1. Garansi 100% informasi yang tekandung di dalamnya Asli. Dijamin memberikan pencerahan atas setiap pertanyaan yang ingin Anda tahu mengenai standard, pemastian sistem dalam management bisnis.
  2. Bahasan topik tentang SOP yang belum pernah disampaikan oleh penulis lain sebelumnya.
  3. Ditulis menggunakan bahasa jelas, sederhana, mudah dipahami, bebas jargon dan blak-blakan.
  4. Memberikan panduan selangkah demi selangkah, sangat teratur. Garis besarnya mudah diikuti sehingga Anda mulai dapat mendesign cetak biru auto pilot bisnis Anda sendiri.
  5. Dapat dipahami oleh siapa saja tanpa harus menjadi pakar sebelumnya, cocok bagi pemula, pembelajar atau professional.
  6. Cari tahu cara methode perusahaan world class membuat Standar Operasional Prosedur dan membuat metode pemastian yang powerful bagi setiap lini produksinya.
  7. Berisi informasi terbaru mengenai metode tercepat & tepat membuat standar operasional prosedur. Pendekatan menggunakan cara praktis yang telah teruji membantu beberapa UKM maupun korporat memiliki SOP-nya.

Penulis—melalui buku Rahasia Membangun SOP Tepat ini—inginkan euforia kebangkitan entrepreunership di dunia bisnis ataupun tercapainya clean government di sektor publik, tidak layu sebelum berkembang. Semangat ini tetap butuh dukungan berupa tool (standar operasional prosedur) yang akan memberi kemudahan kepada pembacanya. Bagaimana menurut Anda? [Lse]


http://www.lukmansetiawan.blogspot.com/2011/12/sekilas-buku-rahasia-membangun-sop.html
www.carapenyusunansop.blogspot.com
http://carapenyusunansop.blogspot.com/2012/03/contoh-sop-administrasi.html
http://taufan.web.id/2012/sop-adalah-kekuatan-bisnis.html
http://chemistrahmah.com/organisasi-tak-akan-lezat-tanpa-sop.html
aghofur.com/2012/02/01/menata-sistem-organisasi-bisnis-dengan-sop-tepat/
http://saronde.org/organisasi-tak-akan-lezat-tanpa-sop.php
 
Top