FDG-Cara-membuat-SOP-Suramadu

Forum Group Discussion SOP Bapel BPWS Suramadu, Hotel TWIN Surabaya, 22-23 November 2012

Badan yang didirikan di tahun 2008 berdasarkan Peraturan Presiden untuk pengembangan wilayah Surabaya-Madura (Suramadu), memiliki komitmen terhadap Sistem. Maka setelah menyelenggarakan in-house Workshop SOP pada tanggal 19-20 September 2012 di Hotel Utami Surabaya.

Rencana akan dihelat Sesi Kedua Pendalaman materi Standard Operating Procedure. Staf ahli dan Sekretariat berinisiatif membuat kelas Forum Group Discusion bertema SOP.  Konten dari pelatihan ini adalah pendalaman dari pertemuan pertama yang  sarat bermuatan pembuka mindset.

Secara garis besar peserta mulai melek dan paham arti penting Standard Operating Procedure bagi bidang kerjanya. Tak hanya diberikan teori bagaimana cara membuat SOP Tepat, mulai dari konsep, pemahaman hingga praktik soal. Sesi tanya jawab juga semarak dengan berbagai pertanyaan faktual permasalahan di lapangan.

Acara ini rencananya akan diselenggarakan selama dua hari penuh mulai 22-23 November 2012 di Hotel TWIN Jl. Kalisari 1 Surabaya.

Materi yang dibahas di Hari Pertama: Review How to Write SOP, Bedah Roadmap SOP, Presentasi SOP Perkelompok dan Koreksinya, Identifikasi Masalah dan Analisa Kebutuhan SOP Tepat. Sesi terakhir diisi Brainstorming, Intervew dan Rekonstruksi Membangun SOP.

Di Hari Kedua: akan diisi SOP Tata Persuratan dari Bapak Ariadi, konsultan Jakarta. Disusul dengan Presentasi SOP dari tiap Divisi, Verifikasi dan Simulasi SOP, dan diakhiri dengan pendalaman tentang Evaluasi dan Cara Revisi SOP.

Keinginani BPWS untuk memiliki sistem yang kuat patut diapresiasi. Karena seyogianya apa yang kita lakukan ditulis atau apa yang kita tulis itulah yang dilakukan. Tanpa konsep memadai tentang sistem maka kelelahan dan stress akan senantiasa mengintai anda. [LSe Access]
 
Top